Sunday, July 31, 2016


Penyebab Bibit Lele Mati, Ciri Perut Penuh Makanan & Menggantung









Sudah membayangkan hasil keuntungan penjualan bibit lele tapi tiba-tiba bibit lele yang ada di kolam mengalami kematian yang tidak sedikit. Ciri-ciri lele sebelum mati adalah lele menggantung/hormat. Setelah dicek dan diambil perut lele penuh dengan makanan. Ini adalah salah satu permasalahan yang kami alami. Setelah dianalisa menurut kami ada 3 faktor yang menyebabkan bibit lele mati dengan ciri seperti di atas.

1. Pemberian pakan yang berlebihan.
Pemberian pakan/pelet yang berlebihan tidak baik, karena sisa pakan yang kita berikan pada bibit lele akan menjadi penyakit. Pakan yang mengendap di dasar kolam akan menjadi amonia dan menyebabkan air menjadi rusak. Air menjadi bau dan menyebabkan lele sering naik ke permukaan. Lele yang sering dipermukaan air adalah salah satu ciri yang menandakan kandungan air di dalam kolam sudah tidak bagus.


2. PH air yang sangat tinggi atau rendah.

PH air yang terlalu tinggi atau rendah tidak baik bagi bibit lele, PH air yang baik/netral untuk bibit lele adalah stabil di angka 7. PH kurang dari tujuh bersifat asam dan PH lebih dari tujuh bersifat basa. PH air saat itu kami ukur adalah di angka 9 mendekati 10. Ini adalah salah satu permasalahan besar kami. Setiap hari semakin banyak bibit lele yang mati. Yang menggantung dan mati terapung banyak, kami cek di dasar kolam ternyata banyak yang mati juga.

3. Suhu yang tidak stabil.

Kolam kami pada saat itu adalah kolam permanen yang di buat di pinggir kali dekat dengan persawahan. Pada saat malam hari terasa dingin sekali dan pada siang hari terasa panas sekali. Kolam tanpa diberi paranet dan tanpa atap dari plastik UV. Saat itu adalah awal musim penghujan. Tanpa paranet dan plastik UV itu adalah salah satu yang menyebabkan suhu tidak stabil, di campur dengan kiriman air hujan yang akan mengakibatkan air dikolam menjadi asam.

Menurut kami 3 faktor diatas yang menyebabkan bibit lele mati dengan ciri perut penuh makanan dan menggantung. Untuk solusi mengatasi permasalahan tersebut akan kami bahas di postingan berikutnya. Bagaimana cara mengatasi bibit lele yang menggantung? Bagaimana cara menurunkan dan menaikkan ph air? Bagaimana setting kolam agar suhu tetap stabil? Salam SiKumis HEBAT.

sumber : http://bibitlele.net/penyebab-bibit-lele-mati-ciri-perut-penuh-makanan-menggantung/

No comments:

Post a Comment